Skip to main content

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 1 (MENGATUR LAYAR PADA BLENDER)


Belajar Dasar Blender Bagian 1 (Mengatur Layar Pada Blender



Halo bertemu lagi dengan ane, nih ane mau share tutorial perdana ane tentang blender. sebenarnya udah dari dulu sih kepengen buat cuman waktunya aja yang terlalu padat (sok sibuk mode on), nah tapi sekarang alhamdulliah ane bisa juga buat nih tutorial. nih tutorial ane buat khusus untuk kawan yang pengen belajar dari nol, tapi untuk kawan yang udah bisa juga boleh baca sambil koreksi takut ada yang salah. yo bro kita mulai ke materi.  

   
Berbeda dengan animasi 2D, animasi 3D mempunyai kelebihan dibidang sudut pandang. jika di animasi 2d di mensi hanya ada satu tampilan depan saja, berbeda dengan 3d dimensi yang memilik beberapa sudut pandang tampilan (depan, belakang, atas, bawah, kanan,kiri), jadi intinya si objek bisa dilihat dari belakang depan dan seterusnya. Nah untuk perjumpaan pertama, ane mau bahas tentang cara mengatur sudut pandang pada layar di blender. secara default ketika membuka blender akan terlihat kubus (cube), terpampang miring ditengah layar.
 Agar memudahkan kawan dalam melihat sudut pandang, (atas, bawah, depan, belakang, kiri dan kanan), biasanya kita menggunakan shorcut pada keyboard, untuk itu kita setting blendernya terlebih dahulu

  1. pilih file > user preferences tunggu hingga muncul pengaturan



  2. pilih input pada menu lalu ceklist emulate numpad, klik save as default agar nanti tidak perlu menyeting lagi

  3. nah sekarang coba tekan angka 1, 2,3,4,5,6 dan seterusnya (angka dibawah f1,f2,f3 dll), maka sudut pandangnya akan berubah, dibawah ini adalah contoh beberapa sudut pandang

     (beberapa sudut pandang pada blender)

  4. berikut penjelasannya (sudut pandang utama yang sering dipakai)
    ctrl + up/down (keyboard) = untuk tampilan full screen (untuk mengembalikan keukuran semula tekan tombol yang sama)
    1 = untuk tampilan depan
    ctrl + 1 = untuk tampilan belakang
    3 = untuk tampilan kanan
    ctrl + 3 = untuk tampilan kiri
    7 = untuk menampilkan bagian atas
    ctrl + 7 = untuk menampilkan bagian bawah
    0 = menampilkan sudut pandang kamera

Comments

Popular posts from this blog

Mengatur Sudut pandang pada blender

  Ketika Anda mulai Blender Anda akan melihat tampilan seperti ini (splash screen di pusat akan berubah dengan versi baru): Layar awal Blender. Setiap jendela Anda melihat dapat lebih dipecah menjadi wilayah yang terpisah (seperti yang dijelaskan dalam bagian pada daerah mengatur). Pemandangan default dijelaskan di bawah. Layar Default      Pemandangan default dipisahkan menjadi lima jendela dan dimuat setiap kali Anda mulai Blender atau file baru. Lima bidang adalah: The Info Editor (berbayang merah) di bagian atas. (The Info Editor digunakan terutama untuk header). Sebuah Tampilan 3D besar (berbayang hijau). Sebuah Timeline di bagian bawah (teduh ungu). Outliner di bagian kanan atas (berbayang kuning). Sebuah Properti Editor di kanan bawah (berbayang biru). Sebagai pengantar kita akan membahas beberapa elemen dasar. Standar adegan Blender dan pengaturan Jendela. Prinsip User Interface Ini adalah contoh dari dukungan beberapa je...

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 2 (MEMINDAHKAN, MEMUTAR, MERUBAH UKURAN OBJEK)

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 2 (MEMINDAHKAN, MEMUTAR, MERUBAH UKURAN OBJEK) sebelum kita memulai, ada baiknya kita berdoa terlebih dahuhlu agar bernilai ibadah (religius mode on), dan hal terpenting stelah berdoa adalah mouse, kawan diwajibkan memakai mouse pada blender, kenapa ???, seiring waktu berjalan akan terjawab sudah. Mari kita lanjut ke materi utama.secara default ketika kita membuka software blender objek kubus (cube), akan terpampang di tengah layar,  dan ini penggunaan standar mouse untuk blender untuk  menseleksi objek  gunakan  klik kanan  pada mouse, ciri objek telah terseleksi ditepi objek  berwarna orange  dan muncul  sumbu panah berwarna biru (z) hijau (y) dan merah (x).  seperti pada gambar : sebelum melakukan perpindahan, perputaran dan pembesaran/pengecilan pada objek lihat dulu tool ini pada blender.  Secara default toolbar control transform ...