Skip to main content

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 2 (MEMINDAHKAN, MEMUTAR, MERUBAH UKURAN OBJEK)

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 2 (MEMINDAHKAN, MEMUTAR, MERUBAH UKURAN OBJEK)





sebelum kita memulai, ada baiknya kita berdoa terlebih dahuhlu agar bernilai ibadah (religius mode on), dan hal terpenting stelah berdoa adalah mouse, kawan diwajibkan memakai mouse pada blender, kenapa ???, seiring waktu berjalan akan terjawab sudah. Mari kita lanjut ke materi utama.secara default ketika kita membuka software blender objek kubus (cube), akan terpampang di tengah layar, 



dan ini penggunaan standar mouse untuk blender

untuk menseleksi objek gunakan klik kanan pada mouse, ciri objek telah terseleksi ditepi objek berwarna orange dan muncul sumbu panah berwarna biru (z) hijau (y) dan merah (x). seperti pada gambar :




sebelum melakukan perpindahan, perputaran dan pembesaran/pengecilan pada objek lihat dulu tool ini pada blender. 

Secara default toolbar control transform menunjuk pada grab (move). Disampingnya ada untuk perputaran objek (rotate), sebelahnya lagi pembesaran.pengecilan objek (scale).

MENGGERAKAN OBJEK

untuk dapat menggerakan objek, arahkan pointer mouse pada salah satu sumbu misal sumbu x ( warna merah) kemudian klik kiri (sambil ditahan) tepat pada salah sumbu tsb, tarik sesuai arahnya. (jika kursor tidak mengenai sumbu objek tidak bisa di gerakan)
Untuk cara cepat, bisa menggunakan huruf G (grab) pada keyboard, ini akan memindahkan objek secara tidak beraturan .jika ingin beraturan (sesuai sumbunya) pilih sumbu yang akan digerakan, misal kita tekan x untuk menggerakan objek pada sumbu x, y untuk menggerakan objek pada sumbu y dan z untuk menggerakan objek pada sumbu z.

MEMUTAR OBJEK
pastikan objek masih terseleksi, nah jika cara biasa bisa pilih rotate pada toolbar control transform, seperti pada gambar

 

arahkan pointer mouse pada salah satu sumbu panah, misal sumbu x (merah) kemudian klik kiri (sambil ditahan), dan gerakan mouse sesuai arah sumbu tersebut
untuk cara cepat kawan bisa tekan R pada keyboard (menghasilkan perputaran yang tidak beraturan), kemudian pilih sumbu yang kawan inginkan (x.y atau z).

MEPERBESAR/MEMPERKECIL OBJEK

masih pastikan objek terseleksi, sekarang gunakan scale pada toolbar control transform untuk mengatur ukuran objek.

 

Bentuknya hampir sama dengan grab, cuman di ujung sumbu berbentuk kotak (berbeda dengan grab yang berbentuk panah). Nah untuk mengubah ukuran ukuran sama saja seperti rotate atau grab. arahkan pointer mouse pada salah satu sumbu panah, misal sumbu x (merah) kemudian klik kiri (sambil ditahan), dan gerakan mouse sesuai arah sumbu tersebut.
Nah untuk cara cepat ada sedikit perbedaan untuk memperbesar objek dan memperkecil objek.
Untuk memperbesar objek, pastikan kursor berada tepat di tengah objek, tekan S (scale) geser kursor menjauhi. objek maka akan di hasilkan objek membesar. Sebaliknya untuk memperkecil arah kan kursor mouse jauh dari objek tekan S, kemudian geser mendekati objek.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Sudut pandang pada blender

  Ketika Anda mulai Blender Anda akan melihat tampilan seperti ini (splash screen di pusat akan berubah dengan versi baru): Layar awal Blender. Setiap jendela Anda melihat dapat lebih dipecah menjadi wilayah yang terpisah (seperti yang dijelaskan dalam bagian pada daerah mengatur). Pemandangan default dijelaskan di bawah. Layar Default      Pemandangan default dipisahkan menjadi lima jendela dan dimuat setiap kali Anda mulai Blender atau file baru. Lima bidang adalah: The Info Editor (berbayang merah) di bagian atas. (The Info Editor digunakan terutama untuk header). Sebuah Tampilan 3D besar (berbayang hijau). Sebuah Timeline di bagian bawah (teduh ungu). Outliner di bagian kanan atas (berbayang kuning). Sebuah Properti Editor di kanan bawah (berbayang biru). Sebagai pengantar kita akan membahas beberapa elemen dasar. Standar adegan Blender dan pengaturan Jendela. Prinsip User Interface Ini adalah contoh dari dukungan beberapa je...

BELAJAR DASAR BLENDER BAGIAN 1 (MENGATUR LAYAR PADA BLENDER)

Belajar Dasar Blender Bagian  1  (Mengatur Layar Pada Blender Halo bertemu lagi dengan ane, nih ane mau share tutorial perdana ane tentang blender. sebenarnya udah dari dulu sih kepengen buat cuman waktunya aja yang terlalu padat (sok sibuk mode on), nah tapi sekarang alhamdulliah ane bisa juga buat nih tutorial. nih tutorial ane buat khusus untuk kawan yang pengen belajar dari nol, tapi untuk kawan yang udah bisa juga boleh baca sambil koreksi takut ada yang salah. yo bro kita mulai ke materi.       Berbeda dengan animasi 2D, animasi 3D mempunyai kelebihan dibidang sudut pandang. jika di animasi 2d di mensi hanya ada satu tampilan depan saja, berbeda dengan 3d dimensi yang memilik beberapa sudut pandang tampilan (depan, belakang, atas, bawah, kanan,kiri), jadi intinya si objek bisa dilihat dari belakang depan dan seterusnya. Nah untuk perjumpaan pertama, ane mau bahas tentang cara mengatur sudut pandang pada layar di blender. secara defa...